Review Final Draft Peraturan Menteri Sosial (Permensos) tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak


Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Edi Suharto memberikan pengarahan pada Kegiatan Review Final Draft Peraturan Menteri Sosial (Permensos) tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak di Hotel Mirah Bogor, Selasa (19/3/2019).

Berbagai upaya pengasuhan dan perlindungan anak dari keterlantaran, perlakuan salah, tindak kekerasan dan eksploitasi ekonomi maupun seksual, telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat melalui sistem pengasuhan dalam keluarga  dan pengasuhan alternatif.  Untuk mendukung sistem pengasuhan anak di Indonesia diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak. Dengan disahkannya PP ini, merupakan  salah  satu langkah maju dan strategis sebagai panduan dalam pelaksanaan pengasuhan terbaik bagi anak yang permanen telah kita lakukan.

Edi menyampaikan bahwa PP ini merupakan mandat Pasal 38A Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. PP ini sangat penting kehadirannya untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak atas kasih sayang, kelekatan, keselamatan, kesejahteraan dan hak-hak sipil anak serta diperolehnya pengasuhan yang layak bagi setiap anak.

Edi juga menegaskan  bahwa pengasuhan anak di luar panti yaitu keluarga sedarah, orangtua asuh serta pengasuhan anak di dalam panti sosial sebagai upaya terakhir dan bersifat sementara sampai dilakukan pengasuhan yang permanen dan PP ini juga mengamanatkan untuk dibuatkan ketentuan peraturan yang lebih teknis berupa Peraturan Menteri.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat dihasilkan dokumen Draft Permensos tentang Foster Care yang sesuai dengan sistimatika dan bahasa hukum.

Peserta berjumlah 30 orang berasal dari perwakilan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC), SOS Children Village, Unicef,  Tim TA (Technical Assistence), Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung, Biro Hukum Kementerian Sosial dan Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak. [*]


Tentang Kami


Statistik Kunjungan