Dinsos Banten Berikan Bimbingan Bagi Korban Tindak Kekerasan di Kabupaten Serang


Bidang Rehabilitas Sosial melalui Seksi Rehabilitas Tuna Sosial Penyalah Gunaan Napza dan KPO lakukan Bimbingan Sosial Bagi Korban Tindak Kekerasan di wilayah Kabupaten Serang, kegiatan tersebut dilaksanakan Aula Dinas Sosial Kabupaten Serang, Rabu (20/3/2019).

Ketua Pelaksana Kepala Seksi Rehabilitas Tuna Sosial Penyalah Gunaan Napza dan KPO Asep Hanan menyabutkan, bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan motivasi diri klien untuk mengatasi masalah melalui mengikuti berbagai program rehabilitas social dimana salah satunya ialah bimbingan social, menumbuhkan dan meningkatkan konsep diri yang positif, klien diharapkan mau dan mampu untuk mencegah perilaku tindak kekerasan dan trafficking di lingkungan sosialnya.

“dari itu juga untuk terhindarnya kembali sebagai korban tindak kekerasan dan korban perdagangan orang di kemudian hari, dan kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari, untuk peserta kegiatan adalah, KTK, Pekerja Migran bermasalah soal dan KPO Sebanyak 60 orang berasal Kabupaten Serang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, perlu diketahui bersama korban tindak kekerasan dan korban perdagangan orang merupakan permasalahan yang berkaitan dengan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Di samping itu juga permasalahan ini memiliki berbagai factor penyab dan akibat yang kurang baik bagi individu, masyarakat bahkan negara.

“saat ini jumlah dan data korban tindak kekerasan yang terjadi di Provinsi Banten cukup banyak, dimana pada tahun 2018 sebanyak 621 orang, kemungkinan jumlahnya lebih besar pada kehidupan nyata didalam masyarakat karena alasan tidak melaporkandan sebagainya, sedangkan pekerja migran bermasalah social sebanyak 1.800 orang, korban perdagangan orang relative sedikit yakni sebanyak 94 orang namun hal ini tetap menjadi perhatian bersama agar tidak meningkatkan di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya. [*]


Tentang Kami


Statistik Kunjungan