Sinkronisasi Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Tahun 2019


DirekturJenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Sinkronisasi Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas yang diikuti oleh 125 orang peserta dari UPT pusat, kepala seksi yang menangani penyandang disabilitas di dinas/instansi sosial dan peserta pusat di Hotel Horison Bekasi, Senin 4 Maret 2019.

Edi menyampaikan bahwa adanya Peningkatan Program Rehabilitasi Sosial dari Tingkat Dasar ke Tingkat Lanjut perlu dirancang Program Rehabilitasi Sosial yang selaras antara Direktorat RSPD  dengan UPT agar dapat meningkatkan kualitas layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas yang mengacu pada kaidah rehabilitasi sosial  di lingkungan Ditjen Rehabilitasi Sosial yang antara lain mengacu pada Permensos No. 9 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial di Daerah Propinsi dan Daerah Kabupaten/Kota, Peraturan Menteri Sosial Nomor 18 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, dan Permensos Nomor 7 Tahun 2017 tentang Standar Habilitasi dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas.

Unit Pelaksana Teknis (Balai Besar / Balai / Loka ) Penyandang Disabilitas di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial menjadi Center of Excelent yang memiliki peran sangat penting dalam pengembangan fungsi pelayanan lembaga dan melakukan berbagai pengembangan model pelayanan sehingga menjadi lembaga percontohan pelaksana rehabilitasi sosial.

Melalui Progres PD, intervensi dilaksanakan secara komprehensif dan terintegrasi dengan pendekatan holistik sistematik tegas Edi.

Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang disabilitas Rachmat Koesnadi menambahkan "Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh review pelaksanaan program dan kegiatan rehabilitasi sosial penyandang disabilitas pada tahun sebelumnya sebagai dasar dalam penyempurnaan program Tahun 2019 sehingga dapat disusun rencana program kegiatan yang lebih baik, "ungkap Rachmat

Tujuan kegiatan ini untuk
menyamakan persepsi dalam Penyusunan Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di Direktorat, UPT maupun dinas/instansi sosial di daerah sehingga lebih tepat dan bersinergi dalam merespon berbagai tantangan permasalahan yang ada. [*]


Tentang Kami


Statistik Kunjungan