Bidang Rehabilitas Sosial Berikan Pementapan Pendamping Distabilitas


Dinas Sosial melalui Bidang Rehabilitas Sosial berikan pemantapan pendamping distabilitas tahun 2018, kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Ledian, Kota Serang, Kamis (20/9/2018).
 
Kegiatan tersebut, Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dede Siti Eka mengatakan, bahwa para penyandang masalah kesejahteraab sosial (PMKS) termasuk di dalamnya penyandang disabilitas merupakan masalah yang sangat serius yang berkaitan dengan berbagai biding pembangunan lainnya.
 
"Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas kami juga telah mengembangkan Program Bantuan Asistensi Sosial bagi penyandang disabilitas berat, program ini merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka pemberian subsidi langsung tunai kepada penyandang disabilitas berat sebesar Rp. 4.600.000,- perorang," ujarnya.
 
Ia melanjutkan, untuk tahun 2018 jumlah penerima asistensi sosial penyandang disabikitas berat yang berasal dari dana APBD sebanyak 400 orang dibagi Delapan Kabupaten/Kota.
 
"Dari 8 Kabupaten Kota masing-masing 50 orang, karena itu diperlukan dukungan dan bantuan dari semua pihak khususnya petugas harus menangani masalah penyandang disabilitas," katanya.
 
Sedangkan Kepala Seksi Rehabilitas Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Nandang menambahkan, bahwa kegiatan ini dasaranya UU RI nomer 11 tahun 2009 tentang kesrjahteraan sosial, dan UU RI nomer 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.
 
"Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, peserta pemantapan pendamping disabilitas ini sebanyak 36 orang asal dari petugas pendamping Kabupaten/Kota se Provinai Banten," ucapnya.
 
Lanjutnya, dari kegiatan ini juga sumber dana berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun anggaran 2018.
 
"Target kegiatan ini diharapkan meningkatnya pengetahauan, pemahaman pendaping disabilitas dalam memberikan pelayanan terhadap ODK Berat, semakin berkembangnya kesedaran dan tanggung jawab sosial para pendamping disabikitas dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial dan Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) khususnya penyandang disabilitas di Provinsi Banten dapat di minimalisir," pungkasnya. [*]

Tentang Kami


Statistik Kunjungan