Kemensos Serahkan Santunan Ahli Waris Korban Bom Surabaya


Kementerian Sosial RI menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat bom yang meledak di Surabaya, hal itu disampaikan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI Nurul Farijat saat memberikan bantuan.

"Kami atas nama Menteri Sosial memyampaikan santunan kepada ahli waris, semoga santunan ini bisa bermanfaat bagi keluarga," ujar Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos RI Nurul Farijati.

"Untuk ahli waris yang tidak bekerja semoga dapat meringankan beban kehidupannya, contohnya Ibu Cahyati yang tidak memiliki pekerjaan semoga dapat dimanfaatkan dengan baik,” ucap Nurul.

Duka para keluarga korban Bom Surabaya Minggu (12/5) lalu mungkin belum hilang, Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial bersilaturahmi sekaligus memberikan santunan kepada Ahli Waris korban ledakan Bom Surabaya didampingi Dinas Sosial Provinsi, dan tak ketinggalan Duta Perdamaian Ibu Kembar.

Berdasarkan data dari Mapolda Jawa Timur terdapat 13 korban meninggal, 2 diantaranya keluarga korban yang ditandangi Kemensos yaitu korban meninggal dunia atas nama Nuchin dan Aloysius Bayu Rendra. Pada kesempatan ini Nurul memberi santunan sebesar Rp 15.000.000/ahli waris, paket sembako dan buah tangan.

Menurut Nurul, Ia ditugaskan oleh Menteri Sosial untuk memastikan anak korban jangan sampai putus sekolah karena Kementerian Sosial mempunyai program PKH. Seperti diketahui, korban atas nama Nuchin mempunyai 1 orang anak laki-laki berumur 9 tahun dan korban atas nama Bayu memiliki 2 anak berumur 10 bulan,dan 2 tahun.

“Kemudian memberikan santunan setelah persyaratan terpenuhi” ujar Nurul. “Untuk meninggal dunia sebesar Rp 15.000.000 dan 30 orang luka-luka masing-masing sebesar Rp 5.000.000” imbuhnya.

Layanan Dukungan Psikososial (LDP) adalah merupakan satu bentuk pelayanan yang diperuntukkan bagi korban yang mengalami trauma akibat bencana. LDP dapat berupa terapi psikososial, pelayanan konseling, psikoedukasi, serta penguatan-penguatan sosio psikologis lainnya. 

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur sudah melakukan LDP bagi para keluarga dan anak korban ledakan bom Surabaya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Restu Novi menjelaskan LDP untuk keluarga dan anak korban sudah dilakukan terutama di lokasi Rusunawa Wonocolo.

“Kami rabu kesana assesment karena para tetangga pelaku Bom di Rusunawa tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya” ucap Novi.

“Saat Rabu kami kesana, mereka sebagian sudah pulang kerumah masing - masing, setelah itu kami mengajukan bantuan natural kepada Kemensos untuk para penduduk Rusunawa khususnya di Blok B” lanjut Novi.

Anak - anak di Rusunawa tersebut masih terlihat kaget saat ditanya oleh petugas, “Kami mengajak anak-anak bergembira seolah-olah tidak terjadi apa-apa, LDP sudah kita mulai hari Kamis”tambahnya. [] 


Tentang Kami


Statistik Kunjungan