Mensos: Kami Pastikan Akhir Februari Distribusi Bansos Tuntas


Menteri Sosial Idrus Marham menetapkan bulan Februari sebagai Bulan Tuntas Bansos. Hal itu dalam rangka mengejar target penyaluran bantuan sosial (bansos), terutama Program Keluarga Harapan (PKH) dan beras sejahtera (Rastra).

"Jadi secara tegas tadi dikatakan kita ingin jadikan bulan Februari ini adalah Bulan Tuntas Bansos, terutama untuk PKH tahap pertama, pencairan tahap pertama, kemudian rastra itu adalah bulan kedua," kata Idrus di Jalan Salemba Raya, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Idrus memastikan target penyaluran dua bantuan sosial tersebut dapat tuntas pada akhir bulan ini. Sebab, menurut Idrus, selama ini pendistribusian bantuan tersebut sudah berjalan baik.

"Pendistribusian dari bantuan ini berjalan baik dan ada komit bersama bahwa akhir bulan Februari ini kita pastikan bahwa bansos itu dapat kita tuntaskan secara bersama-sama," ujarnya.

Untuk memastikan tercapainya target tersebut, Idrus mengaku bersama Komisi VIII DPR RI akan turun ke lapangan. Tujuannya, kata Idrus, untuk memantau penyaluran bansos tersebut. "Insyaallah Minggu ini juga akan berangkat secara bersama-sama," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Hubungan Lembaga dan Transaksional Banking BNI, Susi, mengungkapkan, penyaluran bansos untuk PKH tahap pertama saat ini telah mencapai 50-60 persen. Sedangkan untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang merupakan transformasi dari Bansos Pangan Rastra telah mencapai 63,3 persen.

"Jadi komitmen kami penyaluran ini akan kami tuntaskan di bulan Februari untuk PKH maupun BPNT. Jadi untuk BPNT tahap satu bulan Januari dan Februari dan untuk PKH tahap penyaluran untuk tahap pertama," ujarnya.

Untuk diketahui, Kemensos telah meningkatkan penerima manfaat bansos PKH dari 6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi 10 juta KPM pada tahun ini. Sementara penerima bansos rastra sebesar sebesar 15,5 juta KPM. []

 

 

Sumber: https://news.detik.com/


Tentang Kami


Statistik Kunjungan