Rapat Koordinasi Pelayanan dan Perawatan Lanjut Usia Terlantar di dalam Panti

Rapat Koordinasi Pelayanan dan Perawatan Lanjut Usia Terlantar di dalam Panti

Serang - Dinas Sosial Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelayanan dan Perawatan Lanjut Usia Terlantar di dalam Panti pada Rabu (8/6) bertempat di Aula Gedung A Dinas Sosial Provinsi Banten.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh UPTD Perlindungan Sosial Provinsi Banten, dibuka dan dihadiri langsung oleh Ibu Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Dra. Nurhana, M.Si., serta Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Banten, Budi Darma Sumapradja, S.H., M.Si. 

Hadir narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Komis V DPRD Provinsi Banten, Dr. Yeremia Mendrofa, ST., MM., MBA., PMP, dan Kepala UPTD Perlindungan Sosial, Wita Rahmawita, S.E., M.M. 

Kegiatan ini mengusung tema “Integrasi Pelayanan Sosial untuk Meningkatkan Pelayanan dan Perawatan Lanjut Usia Terlantar di dalam Panti” dan dihadiri oleh Dinas Sosial Kab/Kota se-Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, DP3AKKB Provinsi Banten, Inspektorat Provinsi Banten, BAPPEDA Provinsi Banten, Disdukcapil Kota Serang, BPJS Kesehatan Serang, RSUD Banten, Puskesmas Cipocok Jaya, Prodi Gizi Fakultas Kedokteran UNTIRTA, Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) Provinsi Banten, Pendamping Lansia, dan Perawat Lansia Panti.

Kegiatan ini diinisiasi oleh UPTD Perlindungan Sosial, yang dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan lanjut usia terlantar yang perlu diselesaikan bersama-sama dengan OPD dan instansi vertikal yang menjadi mitra Dinas Sosial.

Permasalahan yang menjadi bahasan utama dalam kegiatan ini adalah asesmen penerimaan calon klien, administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan, hingga Praktik Klinik bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran/Keperawatan.

Hasil dari kegiatan ini adalah kesepakatan bersama antara Dinas Sosial Provinsi Banten dengan Dinas Sosial Kab./Kota se-Provinsi Banten dan OPD/instansi vertikal mitra Dinas Sosial. 

Poin-poin kesepakatan ini mencakup kerjasama dalam berbagai bidang, seperti administrasi kependudukan klien, pelayanan kesehatan klien, praktik klinik mahasiswa, hingga pelatihan bagi perawat lansia panti.

Nantinya, kesepakatan bersama ini akan ditindaklanjuti ke dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan kesepakatan bersama Rapat Koordinasi Pelayanan dan Perawatan Lanjut Usia Terlantar di dalam Panti oleh seluruh peserta rapat.