Percepat Penyaluran Bansos di Kota Serang, Dinsos Banten dan BRI Teken Perjanjian Kerja Sama

Percepat Penyaluran Bansos di Kota Serang, Dinsos Banten dan BRI Teken Perjanjian Kerja Sama
Percepat Penyaluran Bansos di Kota Serang, Dinsos Banten dan BRI Teken Perjanjian Kerja Sama
Percepat Penyaluran Bansos di Kota Serang, Dinsos Banten dan BRI Teken Perjanjian Kerja Sama

SERANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) bersama BRI Cabang Serang menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) di wilayah Kota Serang.

Kesepahaman tersebut sebagai salah satu upaya Dinsos Banten untuk mempercepat penyaluran kepada masyarakat.

Bansos tersebut akan disalurkan kepada masing-masing penerima melalui rekening. 

Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan di Kantor Dinsos Banten, KP3B, Kota Serang, Jumat 13 November 2020.

Hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana dan Pimpinan Cabang BRI Serang Edia Handiman. Turut hadir Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erry P. Suryanto.

Bansos yang akan disalurkan yaitu program Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU), Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak, Panti Rehabilitasi, Bantuan Sosial Orang dengan Kedisabilitasan (JS-ODK), dan Jamsosratu bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Rinciannya, Jamsosratu sebesar Rp 6,875 miliar disalurkan kepada 5.500 KK. Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Rp 1,25 juta.

Kemudian, JSLU sebesar Rp 187,5 juta untuk 375 orang atau masing-masing mendapat Rp 500 ribu. 

Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak sebesar Rp 93 juta untuk 186 anak, atau masing-masing mendapat Rp 500 ribu.

Selanjutnya, Bantuan Sosial Orang dengan Kedisabilitasan (JS-ODK) untuk 149 orang, masing-masing menerima Rp 1 juta atau total Rp 149 juta. Kemudian bantuan panti rehabilitasi sebanyak 1 yayasan mendapat Rp 50 juta.

Kepala Dinsos Provinsi Banten Nurhana mengatakan, pihaknya meminta BRI agar bisa secara simultan penyaluran mulai November 2020.

“Karena ini waktu sudah sangat mepet, bulan November ini kami mohon agar bisa berjalan simultan. Agar awal Desember minggu pertama sudah bisa running, itu target. Jangan sampai lewat 31 Desember,” ujar Nurhana.

Pimpinan Cabang BRI Serang Edia Handiman mengatakan, pihaknya berupaya keras untuk menyalurkan bansos untuk warga di Kota Serang.

“Kami sudah siap menjalankan kolaborasi ini, dan sesuai target yang diberikan, awal Desember sudah bisa dicairkan. Dari Ibu Kadis juga tadi sudah jelas timeline-nya,” ujarnya.

Menurutnya, proses pencairan bisa lebih cepat karena data penerima sudah ada dan sebelumnya pernah menerima bansos pada tahun lalu.

“Kami bisa segera proses karena data ini kan sudah jadi ya, seperti penerima Jamsosratu kan. Jadi Insya Allah bisa lebih cepat,” ujarnya.

Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erry P. Suryanto mengatakan, pihaknya mengingatkan tentang pentingnya keakuratan data penerima.

“Data itu sangat penting, sehingga bantuan sosial ini tidak tereplikasi. Sehingga bantuan tepat sasaran, pelaksanaan bisa lebih lancer,” ujarnya.

Plt Sekretaris Dinsos Banten Budi Darma Sumapradja mengatakan, sedianya bansos tersebut disalurkan pada awal tahun. Namun, karena pandemi pemerintah fokus pada penanganan Covid-19.

“Dan fokusnya kemarin itu JPS (Jaring Pengaman Sosial). Oleh karena itu kegiatan bansos ini baru bisa dilaksanakan sekarang. Kami bekerja sama dengan BRI di Kota Serang, sedangkan penyaluran bansos di kabupaten/kota lainnya itu kerja sama dengan Bjb,” kata Budi.***