Kemensos Kucurkan Bantuan Keserasian Sosial di 6 Kabupaten/Kota di Banten

Kemensos Kucurkan Bantuan Keserasian Sosial di 6 Kabupaten/Kota di Banten

SERANG – Program Keserasian Sosial di Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang berupa pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang didanai dari Program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RI diresmikan pada Selasa 25 Agustus 2020.

 

TPT tersebut terletak di Kampung Walang, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran Pandeglang. Peresmian dilakukan oleh Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Banten, Drs. Tajul Arifin beserta Camat Pagelaran Holil, Mz didampingi Kabid Linjamsos Kab. Pandeglang, Muspika Kecamatan Pagelaran, Muspika, Pemdes Surakarta dan tokoh masyarakat Desa Surakarta.

 

Kabid Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Banten Tajul Arifin mengatakan, program keserasian sosial adalah suatu langkah terpadu dalam menyelesaikan beberapa persoalan bangsa sekaligus melalui pendekatan yang sangat elegan kepada masyarakat di lapisan paling bawah.

 

Selain ada kucuran dana guna membangun sarana prasarana, menurutnya juga harus ada komitmen bersama untuk guyub rukun antar warga dan mengerjakan kegiatan secara gotong royong.  

"Dari gotong royong diharapkan muncul rasa persatuan dan kesatuan sehingga bisa meminimalisir segela potensi konflik di masyarakat. Maka bantuan keserasian sosial ini diperuntukkan utama bagi daerah yang rawan atau berpotensi rawan konflik. Tapi pada dasarnya ada pemberdayaan masyarakat,” kata Tajul, saat acara sarasehan forum keserasian sosial "Surakarta" di Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran Pandeglang tahun 2020.

 

Program Keserasian Sosial yang dilaksanakan di Desa Surakarta adalah TPT yang dibangun sepanjang 400 meter di kanan kiri jalan. Dengan dibangunnya TPT ini, diharapkan tingkat kesejahteraan sosial masyarakat Kecamatan Pagelaran, khususnya Desa Surakarta dapat lebih meningkat.

 

Secara total, Program Keserasian Sosial dari Kemensos RI Tahun 2020 ini sebanyak 11 lokasi/Desa yang tersebar di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Serang.