Kemensos Bagikan Bansos untuk Lansia di Banten

Kemensos Bagikan Bansos untuk Lansia di Banten

SERANG - Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk para lanjut usia (lansia) yang terdampak virus korona (covid-19), di Serang, Banten, Selasa, 30 Juni 2020.


Penyaluran bansos ini merupakan lanjutan distribusi bansos sembako khusus lansia

"Untuk wilayah Banten mendapatkan 500 paket bantuan yang nantinya dibagikan lagi melalui 10 Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) se-provinsi Banten," ujar Kasubdit Pengembangan Kemampuan Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Erna Susanti, dikutip keterangan tertulis.

Bansos disalurkan melalui 10 LKS. Masing-masing menerima bantuan 100 paket untuk LKS Az Zahra, 90 Paket untuk LKS Uswahtun Hasanah, 75 Paket untuk LKS Insan Cita, 50 Paket untuk LKS Melati, 20 Paket untuk LKS Aini Qurota, 57 Paket untuk LKS Bina Bhakti, 28 Paket untuk LKS Pondok Berdikari, 30 Paket untuk LKS Kasih Anak Bangsa, 25 Paket untuk LKS Nurun Nisa, dan 25 Paket untuk LKS LU Lumintu.

Penyerahan simbolis bantuan kepada para LKS diwakilkan oleh Erna Susanti dan Kabid Rehsos Dinsos Provinsi Banten Dedeh Siti Eka.

Pada kesempatan itu Dedeh bersyukur atas lancarnya penyaluran bantuan. "Alhamdulillah, kebetulan bantuan ini bisa langsung kami salurkan kepada perwakilan dari masing-masing LKS yang telah hadir padah acara kali ini," kata Dedeh.

Acara ini merupakan bentuk dari perhatian pemerintah kepada para lansia melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos. Diharapakan bantuan tersebut dapat mengurangi beban kesuliatan para lansia di tengah pandemi covid-19, sekaligus untuk menjaga kesehatan para lansia.

Sebagai informasi, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos telah menyalurkan dua ribu ton bansos kepada lansia terdampak covid-19 di Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Banten, per 29 Juni 2020.

Bantuan tersebut rinciannya di Semarang sebanyak 500 ton bansos (dua truk), Yogyakarta 500 ton (dua truk), Bandung 500 ton (dua truk), dan Banten 500 ton (satu truk). Total pengiriman menggunakan tujuh truk.

Sementara, total bantuan yang didistribusikan di Banten sebanyak 500 bantuan, Jawa Tengah 1.000 bantuan, Jawa Barat 1.000 bantuan, dan Yogyakarta 750 bantuan. Total keseluruhan bantuan berjumlah 6.486, sisanya telah didistribusikan sebelumnya.

 

(Sumber : Medcom.id)