Kadinsos Banten Tekankan Pentingnya Keakuratan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS

Kadinsos Banten Tekankan Pentingnya Keakuratan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS
Kadinsos Banten Tekankan Pentingnya Keakuratan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS
Kadinsos Banten Tekankan Pentingnya Keakuratan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS

SERANG - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten Dra. Nurhana, M.Si membuka kegiatan Rapat Teknis Pengelolaan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS, di Gedung Dinsos Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Kamis (3/6/2021).

Dalam sambutannya, Kadinsos menekankan tentang pentingnya  data yang lengkap, akurat, relevan dan up to date dalam setiap penyelenggaraan program kegiatan.

“Ketersediaan data dan informasi merupakan komponen yang sangat diperlukan, data merupakan salah satu input yang berperan sama penting dengan input-input lainnya,” ujar Nurhana.

Data, kata Nurhana, seharusnya dianggap sebagai suatu sumber daya yang harus dikelola sama baiknya dengan sumber daya lainnya.

”Ketersediaan data by name by address yang lengkap, akurat, relevan dan up to date adalah persyaratan penting dalam merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program dan kegiatan  khususnya di bidang kesejahteraan sosial,” tukasnya.

Kegiatan dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan pengelolaan data antara provinsi dan kabupaten/kota, ini dihadiri oleh pejabat pengelola data dan operator kabupaten/kota dan provinsi.

Pokok bahasan dalam rapat teknis ini adalah tentang Pelaksanaan pemutakhiran data Kemiskinan,PSKS dan PMKS untuk tahun 2021, pengelolaan DTKS dan pelaksanaan verifikasi dan validasi data yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun.

Selanjutnya Kadinsos Nurhana menyampaikan hal-hal penting terkait dengan permasalahan data khususnya data penerimaan bantuan sosial, terkait data yang bermasalah sehingga harus di keluarkan dari DTKS.

Oleh karena itu, Kadinsos juga meminta provinsi maupun kabupaten/kota untuk terus meningkatkan kualitas DTKS melalui berbagai upaya.

Antara lain, perbaikan ketepatan status penerima bantuan sehingga di yakini tepat sasaran, dengan memperhatikan inclusion error dan exclusion error

Pemadanan dan perbaikan NIK penerima bantuan sosial dengan data kependudukan dukcapil untuk memastikan keberadaan penduduk tersebut.

Melaksanakan MoU dengan Dinas yang menangani kependudukan dalam rangka pemadanan data penduduk.

Pada kesempatan tersebut Kadinsos juga mengapresiasi para pengelola data di kabupaten/kota yang telah bekerja keras tanpa lelah melaksanakan tugas untuk terus meningkatkan kualitas data masing-masing.

Adapun tujuan pelaksanaan rapat teknis pengelolaan data ini yaitu

memperoleh gambaran umum tentang informasi data kemiskinan,  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di provinsi dan kabupaten/kota.

Kemudian, untuk mengetahui urgenitas permasalahan sosial dan wilayah terkena dampak masalah kesejahteraan sosial di masing-masing kabupaten/kota, sehingga dapat ditempuh langkah - langkah antisipatif dan strategis guna mengeliminasi kemungkinan meningkatnya kompleksitas permasalahan baik kualitas maupun kuantitas.

Serta mendapat informasi dan solusi bersama tentang permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan data baik di provinsi dan kabupaten/kota.