Dinsos Banten Pulangkan Korban Human Trafficking Asal Kabupaten Pandeglang

Dinsos Banten Pulangkan Korban Human Trafficking Asal Kabupaten Pandeglang
Dinsos Banten Pulangkan Korban Human Trafficking Asal Kabupaten Pandeglang

Serang - Dinas Sosial Provinsi Banten berhasil memulangkan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) asal Kabupaten Pandeglang.

Korban diketahui bernama Warni binti Tarmidi, warga Desa Teluk Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Pemulangan korban ke daerah asalnya menindaklanjuti Surat Kemensos RI/ RPTC Bambu Apus nomor : 12/RSTS.KPO/RPTC/02/2021 tanggal 8 Februari 2021 perihal Pemulangan Klien RPTC ke Daerah Asal.

Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang (RTS dan KPO) pada Dinsos Banten Asep Hanan mengatakan, Warni menjalani proses pemulangan dari negara Suriah. 

Sebelumnya yang bersangkutan merupakan rujukan dari Kemenlu RI/ KBRI Damaskus dan telah menjalani proses BAP Bareskrim Polri serta proses rehabilitasi sosial di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus.

Asep menjelaskan, sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, lampiran huruf F menyatakan bahwa kewenangan Pemerintah Provinsi dari debarkasi provinsi sampai ke titik debarkasi Kabupaten/Kota.

"Dan telah dilakukan serah terima klien dari Dinsos Provinsi Banten ke Dinsos Kabupaten Pandeglang pada Selasa tanggal 9 Februari 2021 bertempat di Dinsos Kabupaten Pandeglang, untuk selanjutnya dilakukan reunifikasi dengan keluarga klien ke alamat asal," kata Asep.