Dinsos Banten Pastikan Pengelolaan DTKS Terintegrasi

Dinsos Banten Pastikan Pengelolaan DTKS Terintegrasi
Dinsos Banten Pastikan Pengelolaan DTKS Terintegrasi

Serang - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten menggelar Pemantapan Operator Data Kemiskinan, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Kabupaten/Kota se-Banten, Senin (15/11/2021).

Acara tersebut untuk membahas pengelolaan Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) baik terupdate beserta dengan persoalan yang ada di lapangan. 

Meta Permana Sari dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kesejahteraan Sosial dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI mengungkapkan, DTKS setiap tahun selalu berubah. Hal ini perlu terus diupdate secara berkala. 

"Perbaikan data perlu terus diperbarui agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari. Terlebih kondisi saat ini terus berubah-ubah, sehingga kita perlu hadir di masyarakat untuk meng-update data di masyarakat," katanya, Senin (15/11/2021). 

Ia menyampaikan, secara informasi DTKS juga harus dipublis secara berkala agar masyarakat dapat menerima secara utuh data terbaru dan kemudian dapat melihat kesesuaian dengan yang terjadi di lapangan. 

"Persoalan informasi perlu diketahui bersama, di kita juga ada usul sanggah. Hal ini tentunya perlu keterlibatan seluruh pihak," paparnya. 

Sementara itu, Kepala Dinsos Banten Nurhana melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Data Fakir Miskin Cakupan Daerah Provinsi Dinsos Banten Kufti Eka Prastia menyampaikan, rapat pemantapan ini digelar dengan melibatkan seluruh operator DTKD setiap kabupaten/kota.

"Hal-hal teknis mengenai upgdrading data tentunya ada di kabupaten/kota, kita ajak mereka untuk melihat bagaimana kondisi di lapangan saat ini," katanya.