Dinsos Banten Gencar Penyuluhan Keliling, Sebarkan Edukasi tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Dinsos Banten Gencar Penyuluhan Keliling, Sebarkan Edukasi tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial
Dinsos Banten Gencar Penyuluhan Keliling, Sebarkan Edukasi tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

Serang - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten terus menggencarkan penyuluhan sosial keliling tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Pada Senin 31 Juni 2021 telah dilaksanakan penyuluhan sosial keliling di Desa Mandalasari Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang.

Hadir dalam penyuluhan Camat Kaduhejo, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Banten Sirojuddin, guru besar ilmu hukum Untirta Prof. Dr. Palmawati Tahir, MH dan Bahtiar Awang Zakarosa, SH, MH dari Inspektorat Provinsi Banten, serta Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang.

Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Banten Sirojuddin mengatakan, Penyuluhan Sosial Keliling adalah proses pembelajaran dan pertukaran informasi, pengetahuan, sikap dan keterampilan diantara pelaku dan penerima penyelenggaraan kesejahteraan sosial agar mereka mengetahui, mau dan mampu mengoptimalkan perannya dalam setiap kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 

"Sebagai bagian dari proses pembangunan kesejahteraan sosial, penyuluhan sosial keliling merupakan komponen penting dalam menjamin keberhasilan pencapaian tujuan penyelenggaraan kesejahteraan sosial," ujarnya. 

Penyuluhan sosial berperan sebagai sarana peningkatan kesadaran para pembuat kebijakan dan pelaku penyelenggra kesejahteraan sosial. 

"Ini dilakukan agar memiliki pemahaman dan komitmen yang kuat tentang pentingnya investasi sosial," kata dia.

Penyuluhan Sosial juga berperan dalam meningkatkan motivasi dan inovasi dalam pembangunan sosial, yang pada gilirannya memiliki implikasi pada peningkatan keberdayaan stakeholders penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 

Pertimbangan teknis dan fungsional dalam rangka membangun pra kondisi bagi pengimplementasian kebijakan, program dan kegiatan di lingkup Kesejahteraan Sosial secara berjenjang, terpadu dan konsisten pada tataran pelaksana maupun pemangku kepentingan lainnya.

Penyuluhan Sosial Keliling sebagai entry point, atau bagian dari proses yang terintegrasi secara komprehensif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan langkah awal sebagai momentum bagi titik masuk pencapaian keberhasilan program-program yang diusung Dinas Sosial Provinsi Banten.

Sementara, Kasi Penyuluhan Kesos dan PSDS pada Dinsos Banten Widianto mengatakan, penyuluhan sosial keliling diselenggarakan dalam rangka penyebar luasannya informasi kepada masyarakat umum melalui komunikasi, motivasi, dan edukasi.

Oleh karena itu diperlukan adanya para pejabat fungsional penyuluhan sosial yang mempunyai ruang lingkup, dan wewenang untuk melaksanakan Penyuluhan Kesejahteraan Sosial.

"Dinas Sosial Provinsi Banten terus menerus berusaha meningkatkan kualitas penyuluhan agar setiap masyarakat dapat merasakan informasi terbaru dalam Kesejahteraan Sosial," kata Widi.

Menurutnya, kondisi saat ini masyarakat kurang mengenal informasi sehingga mereka kurang memahami tentang Kesejahteraan Sosial.

"Sehingga mereka tidak dapat memanfaatkan kebijakan kebijakan pemerintah baik pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah," tukasnya.