Bantuan Sosial Beras PKH Tahap Pertama Mulai Disalurkan di Kasemen

Bantuan Sosial Beras PKH Tahap Pertama Mulai Disalurkan di Kasemen
Foto Kabar Banten

SERANG - Bantuan sosial beras (BSB) tahap pertama mulai disalurkan kepada ribuan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Banten, Senin 21 September 2020.

Launching bantuan BSB PKH tersebut dilakukan di gudang Bulog Serang. Total sebanyak 118 ton beras disalurkan diawali di Kecamatan Kasemen.

Hadir perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Tajul Arifin dan Kepala Seksi (Kasi) Operasional pada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sub Divre Serang Muhammad Rizal.

Tajul Arifin mengatakan, bantuan beras PKH tersebut dibagikan kepada 3.958 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Kasemen. Sementara untuk kecamatan lainnya, dilakukan besok hingga Sabtu 26 September 2020.

"Pendistribusian beras bantuan untuk Kecamatan Kasemen sebanyak 3.958 KPM. Hari ini khusus untuk Kasemen saja, dan besok rencananya akan disalurkan ke Kecamatan Cipocok Jaya, dan besoknya di Kecamatan Taktakan. Jadi bantuan untuk di Kota Serang ini disalurkan hingga Sabtu ini," ucapnya.

Sementara untuk kota dan kabupaten lainnya yang mulai disalurkan besok, seperti Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. 

"Dan memang sudah seharusnya dibagikan PKH ini, kemudian sudah ditunggu juga oleh masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan instruksi dari pusat untuk segera diadakan penyerahan bantuan kepada masyarakat," ujarnya.

Bantuan beras tersebut dibagikan sebanyak 15 kilogram per KPM, namun karena bantuan tersebut diberikan untuk dua bulan, pihaknya memberikan sebanyak 30 kilogram per KPM.

"Bantuan beras ini sebanyak 15 kilogram per KPM, tapi karena untuk dua bulan kami berikan sebanyak 30 kilogram. Dan memang ini secara serentak dibagikannya," tuturnya.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional pada Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sub Divre Serang Muhammad Rizal mengatakan, penyaluran bantuan beras PKH tersebut merupakan tahap pertama dan disalurkan setiap hari hingga akhir bulan nanti.

"Hari ini kami lepas sebanyak 118 ton untuk di Kecamatan Kasemen. Dan rencananya akan kami salurkan setiap hari," katanya.

Perum Bulog Sub Divre Serang akan menyalurkan beras di tiga wilayah dan akan dituntaskan pada bulan ini. 

"Ada Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Semuanya kami salurkan hingga akhir bulan September ini. Khusus hari ini untuk Kasemen saja kami salurkan terlebih dahulu, untuk yang lainnya menyusul," ujarnya.

 

(Sumber : Kabar Banten)