Mensos Minta Pencairan PKH Dipercepat

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa meminta agar pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap kedua dipercepat. Pasalnya, menjelang tahun ajaran baru anak sekolah, bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

-

14 Jul 2017, 13 Views


Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa meminta agar pencairan bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap kedua dipercepat. Pasalnya, menjelang tahun ajaran baru anak sekolah, bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

''Melihat urgensi kebutuhan untuk anak sekolah, dari mulai membeli tas karena tasnya robek, atau sepatu karena sudah kekecilan, sampai pembelian buku, saya mendorong percepatan pencairan bantuan program tahap kedua,'' ujar Khofifah, di sela penyerahan secara simbolis kartu keluarga sejahtera untuk keluarga penerima manfaat di Kota Cirebon, di aula Kantor Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Kamis (13/7).

Khofifah mengakui, pencairan PKH tahap kedua memang diberi waktu Juli sampai Agustus. Namun, melihat urgensi kebutuhan anak sekolah, dia pun berharap agar pencairan bantuan itu bisa dilaksanakan sampai dengan 16 Juli 2017.

Adapun nilai bantuan PKH itu mencapai Rp 1,890 juta per keluarga per tahun. Bantuan tersebut dicairkan dalam empat tahap. Yakni tahap pertama sampai ketiga masing-masing Rp 500 ribu dan sisanya Rp 390 ribu dicairkan tahap keempat.

Khofifah menyatakan, pihaknya sudah mengkomunikasikan masalah percepatan pencairan bantuan itu dengan semua pimpinan bank yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Pimpinan bank tersebut diminta agar menyampaikannya lagi kepada semua pimpinan cabang dan agen masing-masing.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, untuk Kota Cirebon, pada tahun ini mendapat kucuran bantuan sosial senilai Rp 35,9 miliar. Dari jumlah itu, terdiri dari PKH nontunai sebesar Rp 13,2 miliar bagi 6.984 keluarga, bantuan pangan nontunai Rp 22,4 miliar bagi 16.994 keluarga, bantuan sosial E-warung Rp 140 juta untuk 14 kelompok, bantuan sosial disabilitas sebesar Rp 42 juta untuk 14 jiwa dan bantuan sosial lanjut usia mencapai Rp 100 juta untuk 50 jiwa.

''Nantinya satu daerah pencairan hanya oleh satu bank. Kalau sekarang ini masih dilakukan oleh lebih dari satu bank, dalam satu daerah,'' terang Harry.

Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi menyebutkan, berdasarkan survei 2015, jumlah keluarga miskin di Kota Cirebon mencapai 27.881 keluarga. Dari jumlah tersebut, keluarga penerima manfaat PKH di Kota Cirebon hanya 7.034 keluarga.[]

 

 

Sumber: http://nasional.republika.co.id


Related Articles

-

Dinsos Banten Dukung Gerakan Banten Bersih

25 Jul 2017, 2 Views

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Dinas... Read More...

-

Dinsos Banten Berikan Bimtek Pemantapan Petugas Undian

25 Jul 2017, 1 Views

Dinas Sosial Provinsi Banten melalui bidang pember... Read More...

Login

Jadwal Sholat

Prakiraan Cuaca

Banner

Dinas Sosial Provinsi Banten Dukung Gerakan Banten Bebersih

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Dra. Nurhana, M.Si beserta jajaran pegawai Dinas Sosial dan Relawan Sosial meramaikan kegiatan Gerakan Banten Bebersih

Zoom

Penyaluran Bantuan PKH di Banten


View Video

Tingkatkan Kinerja, Dinsos Gelar Raker 2016


View Video
DINAS SOSIAL PROVINSI BANTEN pengumuman pertama dinas sosial provinsi banten Read More

Alamat Kami


  • Pemerintah Provinsi Banten

    Jl. Syech Nawawi Al-Bantani No.1
    Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
    Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

    Email : infodinsos@gmail.com

    Website : www.dinsos.bantenprov.go.id

    Telp : (0254) 209955

  • Statistik Kunjungan


    User Online
    :
    6
    Today Visitor
    :
    25
    Month Visit
    :
    2.489
    Total Visit
    :
    128.070
    IP Address
    :
    54.80.158.127

    Form Pengaduan


    © 2015 Dinsos Provinsi Banten. Supported By