Mensos Pantau Langsung Pencairan Bansos PKH

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ingin pencairan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) berjalan maksimal di berbagai titik di Indonesia. Untuk memantau agar pencairan berjalan lancar, Mensos pun terjun langsung ke lapangan.

-

11 Jul 2017, 17 Views


Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ingin pencairan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) berjalan maksimal di berbagai titik di Indonesia. Untuk memantau agar pencairan berjalan lancar, Mensos pun terjun langsung ke lapangan.

"Bansos PKH tahap kedua harus cair maksimal pekan kedua Juli karena tanggal 17 Juli anak-anak sudah mulai masuk sekolah. Uang bansos PKH tentu sangat ditunggu ibu-ibu penerima PKH," kata Khofifah, Senin (10/7).

Bagi daerah yang dana bansos PKH belum cair, Khofifah meminta jajarannya untuk meningkatkan koordinasi dengan bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Selain itu, koordinasi juga perlu dilakukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) serta agen bank setempat.

Khofifah pun memantau langsung proses pencairan bansos PKH secara nontunai di beberapa titik di Indonesia untuk memastikan pencairan berjalan lancar. Salah satu titik yang ia pantau ada di Kecamatan Deket, Lamongan, Jawa Timur, Ahad (9/7) lalu.

"Mungkin ada anak-anak yang seragamnya sudah usang atau kekecilan sehingga  harus ganti yang baru. Sepatu yang sudah kekecilan atau robek, buku tulis dan alat tulisnya sudah habis, tas yang sudah robek dan perlu diganti, daftar ulang dan sebagainya. Gunakan uang PKH untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah. Semoga cukup," jelasnya.

Salah satu peruntukan bansos PKH, kata Khofifah, adalah untuk pendidikan. Maka, dana tahap kedua yang cair, sebesar Rp 500.000 diharapkan dapat dimaksimalkan untuk menambah pemenuhan kebutuhan sekolah anak.

Sehingga, lanjut dia, anak-anak bisa sekolah dengan tenang dan fokus belajar. Di saat yang sama, para orang tua juga bisa tenang karena bisa mencukupinya.

Untuk diketahui, bansos PKH nontunai merupakan upaya dari pemerintah untuk menyalurkan bantuan yang transparan dan akuntabel melalui sistem perbankan. Jumlah bantuan untuk tiap keluarga sebesar Rp1.890.000 pertahun. Pencairan dibagi menjadi empat kali, yaitu pada Februari, Mei, Agustus, dan November. []

 

Sumber: http://nasional.republika.co.id


Related Articles

-

Dinsos Banten Dukung Gerakan Banten Bersih

25 Jul 2017, 2 Views

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Dinas... Read More...

-

Dinsos Banten Berikan Bimtek Pemantapan Petugas Undian

25 Jul 2017, 1 Views

Dinas Sosial Provinsi Banten melalui bidang pember... Read More...

Login

Jadwal Sholat

Prakiraan Cuaca

Banner

Dinas Sosial Provinsi Banten Dukung Gerakan Banten Bebersih

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Dra. Nurhana, M.Si beserta jajaran pegawai Dinas Sosial dan Relawan Sosial meramaikan kegiatan Gerakan Banten Bebersih

Zoom

Penyaluran Bantuan PKH di Banten


View Video

Tingkatkan Kinerja, Dinsos Gelar Raker 2016


View Video
DINAS SOSIAL PROVINSI BANTEN pengumuman pertama dinas sosial provinsi banten Read More

Alamat Kami


  • Pemerintah Provinsi Banten

    Jl. Syech Nawawi Al-Bantani No.1
    Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
    Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

    Email : infodinsos@gmail.com

    Website : www.dinsos.bantenprov.go.id

    Telp : (0254) 209955

  • Statistik Kunjungan


    User Online
    :
    5
    Today Visitor
    :
    24
    Month Visit
    :
    2.488
    Total Visit
    :
    128.069
    IP Address
    :
    54.80.158.127

    Form Pengaduan


    © 2015 Dinsos Provinsi Banten. Supported By